Cara Download Sertifikat Vaksin
Sponsored by Google Service Apk

Berikut Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Ribet

Cara download sertifikat vaksin sangat mudah dilakukan. Saat ini peran sertifikat vaksin sangat besar sebab dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Seperti mengunjungi mall, taman bermain, restoran, memasuki perkantoran dan lain sebagainya.

Jika tidak memilikinya kamu tidak bisa mengakses sejumlah layanan serta tempat publik. Oleh sebab itulah masyarakat perlu memiliki bukti ini dengan cara mendownloadnya. Bagi yang sudah mendapat vaksin dosis dua maka secara otomatis akan mendapatkan dua sertifikat.

Sebagian orang sempat mengalami kendala pada saat mendownloadnya. Salah satunya adalah sertifikat tidak muncul padahal sudah beberapa waktu lalu mendapat suntikan vaksin. Jika hal ini terjadi maka tidak perlu cemas. Ada jalan lain yang jadi solusi atas permasalahan ini.

Cara Download Sertifikat Vaksin Paling Mudah dan Cepat

Beberapa dari kamu mungkin tidak ingin ribet untuk mendapatkan sertifikat vaksin. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mendownload tanda bukti vaksin dengan mudah dan cepat.

  1. Manfaatkan SMS

Setiap warga yang telah di vaksin dosis pertama maka akan menerima SMS dari nomor 1199. Pesan tersebut berisi nama lengkap, NIK, nomor tiket vaksin serta jadwal penyuntikan dosis kedua.

Pada pesan itu juga tercantum link yang bisa diklik sehingga membawa ke jendela pengunduhan sertifikat. Kamu tinggal klik saja dan ikuti langkah-langkahnya.

  1. Melalui Chatbot WhatsApp Kemenkes RI

Cara download sertifikat vaksin berikutnya adalah menggunakan WhatsAPP Kemenkes RI. Saat ini Kemenkes RI telah menyediakan Chatbot untuk melayani keluhan dan permintaan pengecekan bukti vaksin.

Selain itu kamu juga bisa mengunduh sertifikat dengan mudah. Akan tetapi perlu menginput data seperti yang telah terdaftar di Peduli Lindungi.

TRENDING:  Pilihan Aplikasi TV Offline Gratis untuk HP Android

Pertama kamu harus buka aplikasi WhatsApp kemudian kontak nomor Kemenkes RI. Selanjutnya masukan nomor hp yang kamu gunakan untuk mendaftar di Peduli Lindungi.

Kamu akan segera menerima kode OTP dan masukan kode tersebut. Kemudian kamu hanya perlu klik pada Download Sertifikat dan masukan nama serta NIK. Secara otomatis sertifikat vaksin akan di unduh ke hp kamu.

  1. Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Kini aplikasi Peduli Lindungi jadi salah satu menu wajib di setiap HP. Aplikasi ini berisi informasi vaksin yang sudah kamu dapatkan, baik dosis pertama ataupun kedua.

Untuk mendapatkan aplikasi Peduli Lindungi, unduh saja di Apple Store iOS atau Google Play Store. Aplikasi ini gratis dan tidak menyita banyak memori di hp.

Cara download sertifikat vaksin lewat Peduli Lindungi paling simpel dilakukan. Setelah kamu menginstalnya di hp dan memasukan data yang dibutuhkan seperti nama lengkap, NIK dan nomor hp, serta kode OTP maka aplikasi ini telah aktif.

Dengan begitu kamu bisa melihat sertifikat vaksin di laman utama. Ketuk pada nama yang tercantum lalu klik unduh di bagian kanan bawah.

Tunggu hingga proses download selesai dan lihat di galeri HP. Sertifikat di pastikan sudah terunduh dan bisa kamu gunakan dengan cara download sertifikat vaksin yang mudah ini.

Penting untuk diketahui bahwa sertifikat vaksin baru akan tersedia setelah 24 jam melakukan penyuntikan. Untuk itu jika belum memasuki waktu yang tepat jangan terburu-buru ingin mengunduhnya.

Sertifikat yang sudah di unduh sebaiknya tidak di cetak. Sebab bukti ini bersifat digital. Sehingga kamu hanya perlu menunjukannya kepada petugas melalui layar hp.

Penggunaan sertifikat dalam bentuk cetak atau fisik sebenarnya tidak direkomendasikan. Karena hal ini berisiko pada penyalahgunaan data. Untuk lebih amannya, kamu cukup mengetahui cara download sertifikat vaksin dan simpan saja di HP.

TRENDING:  7 Rekomendasi Aplikasi Saham di Android Terdaftar OJK

Artikel lainnya: