google dns
Sponsored by Google Service Apk

Bagaimana cara mengkonfigurasi Google DNS dan apa kelebihannya

DNS menjalankan tugas mendasar agar penjelajahan internet kita sehari-hari seperti yang kita kenal sekarang. Namun, sedikit yang diketahui tentang aktor penting seperti itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap kali kita memasuki browser dan mengetik nama domain web, beberapa sistem memasuki adegan yang tidak kita ketahui atau yang tidak kita kendalikan sepenuhnya, yang kita tahu ada, tetapi kita tidak pernah bertanya pada diri sendiri bagaimana atau jika ada cara untuk mengubahnya atau bertaruh pada DNS Google.

Misalnya, tidak semua orang tahu bahwa operator kami menetapkan DNS secara default… dan bahwa kami dapat mengubahnya, misalnya, untuk yang ditawarkan oleh Google atau platform lain. Apa yang mereka tawarkan kepada kami, apa keuntungan mengubah DNS untuk perusahaan Mountain View atau bagaimana saya bisa melakukannya di komputer saya, di ponsel saya atau di tablet saya. Ini akan menjadi beberapa pertanyaan yang akan kita pecahkan.

Apa itu DNS dan kegunaannya?

Mari kita mulai dari awal, apa itu DNS? Anda mungkin mengetahuinya dengan sangat baik, tetapi Anda juga belum pernah mendengarnya. Akronim dalam bahasa Inggris berarti Domain Name Space dan dalam bahasa Spanyol diterjemahkan sebagai Domain Name System. Ini adalah sistem nomenklatur hierarkis yang berfungsi untuk menerjemahkan permintaan kami untuk memasuki situs web dalam bahasa yang dimengerti jaringan. Sebenarnya, ketika kita ingin memasuki sebuah website, kita harus terhubung ke alamat IP dari server tempat halaman-halaman tersebut dihosting, tetapi karena itu akan sulit untuk diingat, sebuah sistem diterapkan untuk menggunakan nama domain , mudah diingat oleh orang-orang. , dan dengan DNS sebagai penerjemah.

Ini adalah database yang mengaitkan permintaan kami dengan informasi yang disimpan tentang domain tempat kami ingin masuk dan membuka pintu untuk kami. DNS, seperti yang kita lihat, sangat penting untuk kelancaran operasi harian kami di web dan memiliki banyak keuntungan, seperti opsi bagi perusahaan untuk mengubah IP-nya tetapi domainnya tetap sama, dan menawarkan kemungkinan koneksi lebih cepat, misalnya. Tugas penerjemahan inilah yang memungkinkan akses masif ke Internet. Jika kita harus mengingat IP sebanyak situs web yang kita kunjungi, itu akan menjadi tugas yang jauh lebih rumit dan memakan waktu.

Apa itu server DNS alternatif?

Jika DNS adalah penerjemah, server DNS adalah agenda informasi yang disimpan. Saat kita mengetik adslzone.net, permintaan itu akan masuk ke server DNS, yang akan melakukan pekerjaan terjemahan. Setelah pekerjaan terjemahan selesai, itu akan mengembalikan informasi yang diterjemahkan ke komputer kami dan memungkinkan kami untuk mengakses adslzone.net tanpa harus mengingat IP akses Anda. Jadi, apa perbedaan antara server DNS default yang ditawarkan operator saya dan server Google atau perusahaan lain?

Menawarkan semua layanan terjemahan dasar yang sama, server DNS alternatif menawarkan serangkaian keunggulan dibandingkan dengan operator dan kami dapat mengambil manfaat darinya:

Kecepatan lebih unggul dari server operator

  • Kontrol orang tua untuk memfilter akses anak di bawah umur ke situs web yang tidak direkomendasikan untuk usia mereka
  • Keandalan dan stabilitas yang lebih besar
  • Mereka memungkinkan melewati batasan beberapa operator yang memblokir akses ke situs web tertentu
  • Peningkatan keamanan, karena beberapa menawarkan perlindungan phishing atau dukungan DNSSEC
    google dns

Konfigurasi yang ditawarkan oleh penyedia Internet kami mungkin bukan yang paling cocok untuk kami, dan Google dapat membantu kami. Tapi bagaimana kita tahu jika perubahan itu benar-benar akan berguna bagi kita? Itu akan tergantung, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, apakah kami ingin memanfaatkan semua keuntungan yang ditawarkan oleh server DNS alternatif. Jika satu-satunya hal yang kami cari adalah kecepatan yang lebih besar dan waktu respons yang lebih cepat, ada beberapa alat yang akan membantu kami memutuskan apakah akan melakukan perubahan atau tetap menggunakan server DNS saat ini.

Kami dapat mengakses alat-alat ini seperti namebench, DNS Jumper, DNS Benchmark untuk menemukan, di lokasi kami, server DNS mana yang terbaik untuk kami. Program-program ini akan melakukan pemeriksaan dan memberi kami beberapa hasil , meskipun kami akan mempertimbangkan hubungan antara kecepatan, keamanan, dan aspek lain yang ingin kami perhitungkan saat menjelajah.

Mengapa Google DNS?

Beberapa alasan mengapa kami dapat melakukan perubahan dari server DNS kami yang ditetapkan oleh operator kami ke Google adalah yang telah kami lihat di atas. Google cepat (meskipun tidak selalu yang tercepat, kami memiliki alat yang dijelaskan untuk memeriksanya) karena telah memperbarui server dan akan mengarahkan kami ke yang terdekat dengan lokasi kami. Selain itu, bisnis Anda didasarkan pada basis data yang besar, sehingga waktu respons terhadap permintaan kami juga bisa lebih sedikit. Itulah mengapa dalam banyak kesempatan lebih cepat menggunakan DNS inidaripada yang dimiliki ISP kami. Bagaimanapun, kecepatan tidak hanya bergantung pada DNS itu sendiri, tetapi lokasi dan jaringan kami juga akan membuat banyak perbedaan, tetapi kami dapat melihat kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang biasanya kami miliki, dan seperti yang kami katakan, di beberapa kasus mereka bisa mengungguli ISP kami.

Keamanan juga merupakan keunggulan Google lainnya, karena terus-menerus melakukan pembaruan dalam aspek ini yang akan mencegah kita diserang atau bahkan diblokir. Selain itu, server mereka memiliki stabilitas yang, kadang-kadang, tidak dapat ditawarkan oleh penyedia Internet, karena kejenuhan jika mereka memiliki tingkat permintaan yang tinggi, sesuatu yang dapat memengaruhi koneksi kami yang menyebabkannya melambat.

Dan, akhirnya, aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah pembatasan akses dari banyak operator ke beberapa halaman web. Operator kami dapat memblokir kami dari mengakses situs web yang telah disensor dan dengan demikian mencegah kami memasuki domain tersebut. Ini tidak terjadi dengan DNS Google, yang dengannya kami dapat melewati pemblokiran, karena kami tidak menggunakan milik operator, yang biasanya cara mereka memblokir situs web jenis ini, seperti beberapa situs web jenis torrent yang kita semua tahu. tidak lagi memiliki akses langsung dari Spanyol.

Bagaimana cara mengkonfigurasi Google DNS?

Jika Anda telah memutuskan untuk mengambil langkah dan mengubah server DNS dari penyedia Internet Anda ke Google, Anda harus mengikuti beberapa langkah sederhana tergantung pada perangkat yang Anda inginkan untuk melakukan perubahan ini. Jika kita melakukan perubahan di router, semua komputer yang terhubung akan mengalami perubahan. Jika Anda ingin ini tidak terjadi, Anda dapat membuat perubahan di setiap tim yang Anda pilih.

DNS Google IPv4

DNS1: 8.8.8.8
DNS2: 8.8.4.4
DNS Google IPv6

2001:4860:4860::8888
2001:4860:4860::8844

Konfigurasi DNS Google di Windows

Mengkonfigurasi DNS Google di Windows membawa kita beberapa langkah sederhana yang harus kita ambil sampai kita mencapai layar akhir di mana kita mengubah DNS default ke Google. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah pergi ke menu konfigurasi Windows 10. Setelah kita berada di Konfigurasi Windows kita harus mengklik menu Jaringan dan Internet. Di sana, di Status, kita akan mencari opsi Ubah opsi adaptor. Kami akan masuk ke menu Network Connections klasik, klik koneksi kami dengan tombol kanan dan masuk ke Properties.

Di dalam tab Fungsi Jaringan, kami mencari dan menandai item Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4), klik Properties dan masuk ke menu konfigurasi IP. Jika kita pergi ke bagian bawah layar itu, kita menemukan opsi untuk Gunakan alamat server DNS berikut. Disana kita akan paste di Preferred DNS Server alamat 8.8.8.8 dan di Alternative DNS Server 8.8.4.4. Setelah proses ini selesai, centang kotak Validasi konfigurasi saat keluar yang kami temukan tepat di bawah dan klik OK.

Di sistem operasi lainnya, prosesnya kurang lebih serupa, kami meninggalkan Anda petunjuk untuk menemukan layar untuk menambahkan Google DNS 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

Cara mengubah DNS Google

macOS

  • Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengaturnya di macOS
  • Buka Preferensi Sistem
  • Pilih bagian “Jaringan”
  • Pilih koneksi yang digunakan dan klik Lanjutan
  • Arahkan ke tab DNS, tekan tombol + dan tambahkan mereka

Linux

  • Klik pada opsi Sistem
  • Buka Preferensi
  • Pilih bagian “Koneksi jaringan”
  • Pilih koneksi dan klik roda gigi
  • Ubah DNS di bagian IPv4

iOS – iPhone dan iPad

  • Untuk mengubah DNS di iOS, buka:
  • Kami akan mengakses Pengaturan
  • Wifi
  • Kami akan mengklik “i” biru yang muncul di sebelah kanan jaringan tempat kami terhubung
  • Klik pada Konfigurasi DNS
  • Kami akan mengubah Otomatis untuk Manual
  • Klik Tambah server
  • Kami akan memperkenalkan DNS utama (8.8.8.8)
  • Klik Tambah server
  • Masukkan DNS sekunder (8.8.4.4)
  • Kami akan mengklik Simpan

Android

Anda juga dapat mengubahnya dari ponsel atau tablet iOS Anda

  • Kami akan mengakses Pengaturan
  • Masukkan Wi-Fi di bagian Jaringan dan Internet atau WiFi dan jaringan
  • Terus tekan pada jaringan WiFi yang ingin kita ubah DNSnya
  • Klik Ubah Jaringan
  • Klik Opsi Lanjutan
  • Pilih Statis di Pengaturan IP
  • Masukkan DNS primer di DNS 1 (8.8.8.8)
  • Masukkan DNS Sekunder di DNS 2 (8.8.4.4)
  • Klik Simpan
  • DNS di Android
  • Ubah DNS di router

Jika kita melakukan perubahan di router, semua perangkat yang telah kita hubungkan ke jaringan akan terpengaruh oleh perubahan tersebut. Biasanya, akses ke router dilakukan dengan mengetik berikut ini di browser web yang kami gunakan, tepat di bilah navigasi:

192.168.1.1
192.168.2.1
192.168.0.1

Setiap router berbeda dan oleh karena itu tidak dapat dijamin bahwa kami memasuki interiornya dengan cara ini, meskipun sebagian besar berfungsi. Router juga memiliki antarmuka yang berbeda, meskipun kita dapat menemukannya dengan cara yang kurang lebih mirip jika kita masuk ke tab Konfigurasi. Di sana kita harus mencari pengaturan jaringan area lokal atau LAN. Dan di dalam layar baru itu kita harus menemukan opsi untuk mengubah DNS primer (kita akan menulis 8.8.8.8) dan DNS sekunder (8.8.4.4) yang datang secara default ke DNS Google. kemudian kita simpan perubahannya dan router akan restart, untuk mendapatkannya dengan DNS baru pada saat berfungsi kembali dan kita siaran lagi baik dengan kabel maupun dengan WiFi.

Kemungkinan kerentanan DNS

Server DNS, termasuk milik Google, sangat berguna dalam hal penjelajahan, tetapi memiliki beberapa batasan yang dapat membahayakan kita saat menjelajah dengan server tersebut secara pribadi. Misalnya, tidak seperti VPN, DNS tidak menyembunyikan alamat IP pengguna saat menjelajah, sehingga data dan privasi Anda dapat terekspos. Misalnya, perusahaan penyedia DNS mungkin mengetahui alamat IP komputer yang Anda sambungkan dan halaman web serta layanan apa yang Anda akses saat menjelajah.

DNS juga dapat rentan terhadap serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang disebabkan oleh akses ke server DNS pengguna atau penyedia Internet itu sendiri.

Artikel lainnya: