Tips Membeli Komputer atau Laptop Bekas
Sponsored by Google Service Apk

Tips Membeli Komputer atau Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal

Mengapa seseorang menjual peralatan komputer dengan harga yang sangat menarik? Bagaimana menentukan apakah itu sepadan dengan uang yang mereka minta? Seberapa besar Anda dapat memercayai iklan seperti “laptop murah bekas” dan bagaimana cara melindungi diri Anda dari pembelian yang gagal. Apa yang harus Anda perhatikan saat membeli komputer atau laptop bekas?

Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah Anda tidak boleh membandingkan pasar peralatan komputer bekas dengan pasar lain, karena kemajuan dalam industri ini jauh lebih cepat daripada yang lain, masing-masing, keusangan moral dan fisik peralatan juga jauh lebih cepat. Jika mobil model Eropa yang layak dirilis 7 tahun yang lalu, maka sebagian besar pengendara akan mengatakan bahwa ini hanyalah akhir dari masa mudanya dan dia masih melakukan perjalanan di jalan kita selama bertahun-tahun, tetapi bahkan laptop bekas terbaik pada usia yang sama dapat menjadi hampir lebih lambat dari satu smartphone murah di saku Anda.

Sebagian besar peralatan rumah tangga di paspor berisi frasa “Masa pakai 7 tahun”, tetapi pabrikan biasanya tidak memasukkan margin keamanan yang besar dalam peralatan komputer, karena diyakini bahwa keusangannya yang cepat dan pelepasan model baru dengan sedikit karakteristik atau desain yang lebih baik akan menyebabkan Anda akan membeli perangkat baru yang serupa jauh lebih awal, hanya dalam 2-4 tahun.

Berapa harga peralatan komputer bekas (aturan umum)

Semakin lama masa pakai perangkat yang diharapkan, semakin lambat harganya turun, sehingga monitor LED modern, yang model kualitasnya diharapkan dapat bertahan hingga 10 tahun atau lebih, serta printer laser dan MFP, tidak terdepresiasi secepat komputer game dan laptop, yang usianya jauh lebih cepat dan dapat disebut “kayu bakar” dalam 4-6 tahun, tergantung pada karakteristiknya, tetapi harga tablet dan smartphone jatuh paling cepat, yang dalam 2-4 tahun mungkin sudah sangat ketinggalan zaman. Karena kenyataan bahwa versi baru dari program populer saat ini biasanya tidak memerlukan daya komputasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi yang lebih lama, keusangan komputer dan laptop non-game baru-baru ini jauh lebih lambat daripada beberapa tahun yang lalu. Tentu saja,

Penurunan harga untuk laptop dan komputer bekas yang dapat diservis tergantung usia:

  • Segera setelah pembelian dan hingga 1 tahun (bahkan dengan jaminan) – harga pasar akan menjadi sekitar 20% lebih rendah dari yang asli hanya karena produk tidak lagi baru. Pembeli potensial mengharapkan beberapa tangkapan tersembunyi dari penjualan yang begitu cepat dan cenderung membeli sedikit lebih mahal, tetapi baru. Ini masuk akal, karena memang sebagian besar cacat dan kekurangan pabrik muncul pada bulan-bulan pertama kerja, dan tidak selalu mungkin untuk mengembalikannya dengan garansi
  • Masa pakai 1-3 tahun – harga pasar 30-40% lebih rendah dari yang asli, tergantung pada penampilan dan karakteristiknya
  • Umur layanan adalah 3-5 tahun – harga pasar 40-60% lebih rendah dari yang asli, tergantung pada penampilan dan karakteristiknya. Laptop panas dan kuat yang telah menjalani kehidupan yang keras, penuh tekanan, dan mati karena kepanasan termasuk dalam kategori ini secara massal. Setelah perbaikan sederhana (pemanasan chipset atau chip kartu video), mereka dengan cepat dijual, dan kemudian biasanya setelah 2-3 bulan mereka pergi untuk perbaikan mahal yang serius
  • Masa pakai lebih dari 5 tahun – harga pasar 60-80% lebih rendah dari yang asli dan bahkan lebih, tetapi imbalan untuk harga rendah adalah kinerja rendah menurut standar modern, masalah dengan konektor, drive DVD, baterai , dll.
    Biaya sebenarnya bisa sangat berbeda, dan dalam kehidupan ada kasus ketika seorang klien menjual komputer murah berusia 6 tahun ke tetangganya dan memesan komputer modern dan lebih baik yang sama sekali baru dengan uang yang sama. Apakah hati nuraninya akan menyiksanya setelah ini, tetapi faktanya tetap ada, jadi Anda harus bersiap untuk ini.
TRENDING:  Cara menghilangkan tulisan page 1 di Microsoft Excel Page Break Preview

Cara membeli komputer dan laptop bekas (rekomendasi umum)

Saat membeli komputer atau laptop bekas, pastikan untuk meminta setidaknya garansi minimum dari penjual (biasanya 1 bulan sejak tanggal pembelian), karena jika perangkat memiliki cacat tersembunyi (“rem”, macet, pengoperasian tidak stabil) yang tidak dapat terdeteksi selama inspeksi dan pengujian awal, mereka akan menjadi terlihat selama hari-hari pertama operasi dan cukup masuk akal untuk mengembalikannya ke penjual.

Dianjurkan untuk menguji memori (misalnya dengan program MemTest), vga card (misalnya dengan program ATITool, cocok untuk kartu video Ati dan NVidia) dan hard disk (misalnya dengan program HDDScan dan melihat atribut SMART). Jika Anda tidak memiliki program atau pengetahuan yang diperlukan, undang seorang teman yang, dengan biaya nominal atau tidak terlalu tinggi, dapat melakukan diagnosa yang diperlukan, biasanya tidak lebih dari satu jam untuk semua prosedur, tetapi bahkan tanpa ini tes, masalah internal hampir pasti akan muncul dalam pemakaian 1 bulan pertama, seperti blue screen, atau cacat gambar di layar.

Jika Anda telah menjelajahi Internet, menemukan iklan yang menguntungkan dan berencana untuk membeli laptop atau komputer bekas di sana, maka sangat disarankan untuk membeli di kota atau lingkungan Anda dan mengklaim garansi minimal 1 bulan. Anda harus sangat berhati-hati saat membeli laptop gaming bekas, karena banyak dari mereka yang dijual dalam keadaan sekarat dan setelah beberapa bulan beroperasi mereka akan membutuhkan perbaikan yang rumit dan mahal.

Tips Membeli Komputer Bekas

Alasan paling umum untuk menjual komputer adalah karena komputer tidak menarik lagi dan peforma sudah tidak layak. Jadi Anda tidak boleh membeli komputer bekas untuk memainkan game berat yang serius. Hal itu pasti uang akan terbuang sia-sia. Jangan berharap untuk menambah atau memperbaiki sesuatu nanti di komputer, biasanya ini juga tidak akan memberikan efek khusus, karena sebagian besar komponen baru tidak sesuai dengan peralatan lama, dan membeli bukan baru untuk memperbaiki yang lama bukanlah ide terbaik.

Cek motherboard saat membeli, pastikan untuk membuka kasing untuk melihat apa yang terjadi atau terjadi di dalamnya. Penting dan tidak boleh ada kapasitor yang menggembung pada motherboard, jika tidak, operasi yang tidak stabil dan perbaikan dalam waktu dekat akan menghantui Anda. Urutan di dalam, ketika semua kabel dipasang dengan rapi dan diikat ke kasing, merupakan nilai tambah tambahan. Kipas pendingin pada kasing, chipset, vga card (jika ada), di catu daya, pada prosesor harus bekerja secara merata, tanpa suara yang mencurigakan, tidak ada risiko berhenti, dan diikuti oleh panas berlebih dan kegagalan perangkat. Harap dicatat bahwa video card dengan pendingin pasif kurang ulet dan sering mati karena kepanasan selama 3-4 tahun, jadi jika memungkinkan, lebih baik memilih dengan pendingin aktif atau memasang pendingin ke radiator vga card nantinya.

Perlu hati-hati memeriksa segel catu daya (awalnya menutup salah satu dari 4 sekrup yang menahan casing catu daya) – jika rusak atau hilang, maka komputer pasti sedang dalam perbaikan, dan semua yang telah diperbaiki adalah sering cenderung kembali untuk perbaikan.

TRENDING:  Jangan Panik, Inilah Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh

Kualitas casing yang buruk dan lingkungan yang keras dapat menyebabkan konektor depan dan belakang pada motherboard berada dalam kondisi yang buruk. Dalam kebanyakan kasus, sulit atau tidak mungkin untuk memperbaiki atau menggantinya.

Tips Membeli Laptop Bekas

Jika Anda berencana untuk membeli laptop bekas, maka situasi di sini berbeda dengan membeli komputer, karena mode laptop sebagai pengganti komputer pribadi stasioner dimulai 5-6 tahun yang lalu, jadi sebagian besar laptop bekas saat ini dapat disebut setidaknya modern bersyarat. Mereka cukup berhasil mengatasi tugas-tugas seperti internet, bekerja dengan dokumen teks, video dan permainan sederhana. Jadi sangat jarang laptop dijual karena mereka butuh uang atau untuk membeli yang baru yang lebih kuat. Biasanya alasan jual laptop ada atau “diperbaiki” masalah dalam peformasnya.

Salah satu “kisah hidup” paling populer dari sebuah laptop yang tiba-tiba mereka putuskan untuk dijual: “Kami membeli laptop gaming yang kuat, selama 3 tahun hidup tanpa jeda, kami melewati semua level semua game populer di dalamnya dan pada saat yang sama waktu mereka tidak pernah membersihkannya, bahkan ketika mulai mati karena terlalu panas “Ketika berhenti memulai, pusat layanan mengatakan bahwa biaya perbaikan adalah 1- 2jta dan itu akan memakan waktu. Mereka menghangatkan chip yang terbakar dan menjualnya.” Secara alami, kebahagiaan pemilik baru akan berumur pendek, karena dalam beberapa bulan laptop akan diminta kembali ke pusat layanan dan kali ini tidak mungkin untuk memperbaikinya dengan murah. Diperkirakan setidaknya setengah harga dari laptop yang dijual online yang dijual karena ketidakstabilan atau setelah perbaikan,

Seringkali alasannya bisa menjadi kebutuhan sederhana akan uang, tetapi lebih sering ini masih merupakan “alasan”, jadi lebih baik mencari laptop baru yang murah dengan harga yang bagus daripada membayar uang yang hampir sama untuk laptop lama tapi “mewah” , yang, menurut penjual, pernah dibeli dengan banyak uang.

Pastikan untuk memeriksa baterai – cabut pengisi daya dan muat dengan sesuatu yang serius (permainan atau pengarsipan beberapa film) – laptop yang terisi penuh dalam mode ini harus bertahan setidaknya 1 jam, jika tidak, masa pakai baterai akan habis. Tidak perlu menunggu lama, dalam beberapa menit Windows akan menunjukkan masa pakai baterai yang direncanakan, tetapi lebih baik menyimpannya setidaknya selama 15 menit untuk memeriksa bagaimana laptop memanas secara keseluruhan. Laptop yang sangat panas adalah klien potensial dari pusat layanan, dan tidak ada perbaikan murah di sana.

Untuk segera mengecek keyboard. Keyboard harus ditekan dengan jelas dan tidak lengket, seharusnya tidak ada jejak cairan pada keyboard dan di ruang di antara tombol. Port dan konektor (terutama daya dan USB) tidak boleh rusak. Jika pemeriksaan kasing laptop menunjukkan tanda-tanda benturan, baut di bagian bawah memiliki bekas tangan yang bengkok atau obeng berkualitas rendah, ada jejak bukaan yang tidak memenuhi syarat di ujung celah kasing dan di atas keyboard , maka lebih baik menolak untuk membeli laptop seperti itu atau meminta penurunan harga.

Tips Secara Keseluruhan (Jika Anda Adalah Teknisi)

1 Prosesor

Ini adalah salah satu elemen utama komputer dan pengoperasian penuh perangkat dan konsumsi energi tergantung pada kualitasnya. Sebagai aturan, semakin kuat prosesor yang dimiliki model, semakin banyak energi yang dikonsumsi. Komputer modern dalam banyak kasus dilengkapi dengan prosesor dari dua perusahaan populer ADM dan Intel. Peralatan berkualitas lebih tinggi dilengkapi dengan prosesor dari Intel. Fakta ini harus diperhitungkan untuk memahami cara memeriksa komputer.

TRENDING:  Spreadsheet: Cara Menghilangkan Spasi di Microsoft Excel

2 RAM

Komponen penting lainnya untuk pengoperasian teknologi berkualitas tinggi adalah RAM, yang bertanggung jawab untuk menyimpan semua informasi yang masuk dan keluar serta sistem perangkat lunak prosesor. Semakin tinggi RAM, semakin baik kinerja teknologinya. Untuk pekerjaan saat ini, setidaknya 4 GB sudah cukup, dan jika menggunakan perangkat untuk game komputer, Anda harus memiliki setidaknya 8 GB RAM.

3 Motherboard

Detail terpenting pada kualitas yang bergantung pada pengoperasian semua elemen komputer adalah motherboard, di mana semua elemen utama berada, yang tanpanya tidak mungkin melakukan fungsi apa pun. Berkat desain ini, interaksi penuh dari komponen sistem komputer dipastikan.

Wajar jika ada pembelian komputer bekas yang pertama-tama harus diperhatikan adalah kualitas dari part ini. Jelas bahwa ketika membeli tidak mungkin untuk sepenuhnya mempertimbangkan bagian ini, maka Anda harus memperhatikan adanya kerusakan eksternal yang dapat mengindikasikan kemungkinan malfungsi – ini mungkin berupa keripik dan retakan kecil. Jika ada kekurangan seperti itu, Anda harus menahan diri untuk tidak membeli model khusus ini.

4 Card Video / VGA

Kartu video, yang merupakan prosesor grafis yang menampilkan gambar di layar perangkat, bertanggung jawab atas kualitas gambar. Untuk komputer yang berfungsi biasa, elemen standar sudah cukup, dan untuk komputer game, Anda harus memberi perhatian khusus padanya.

Kartu video tersedia dalam dua jenis – built-in dan diskrit. Kartu video terintegrasi terpasang pada board sistem dan tidak dapat diganti meskipun rusak. Kartu grafis diskrit adalah elemen terpisah yang dapat dilepas dengan rangkaian lengkap untuk operasi mandiri penuh. Itu mudah diubah jika perlu.

5 Hard drive

Bagian yang tanpanya pekerjaan berkualitas tinggi tidak mungkin dilakukan adalah hard drive, yang merupakan perangkat yang menyimpan dan menyimpan semua informasi yang tersedia di komputer, termasuk dokumen, materi audio dan video.

Biasanya, jumlah standar memori pada hard drive adalah dari 320 hingga 1000 GB, yang cukup untuk menjalankan semua proses kerja secara normal. Model yang lebih modern dan mahal dapat memiliki dua disk, yang secara signifikan meningkatkan kecepatan peralatan.

6 Catu daya

Sebaiknya membeli komputer yang memiliki catu daya asli yang belum diperbaiki. Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan bahwa ada segel pada casing catu daya – ini menunjukkan bahwa bagian tersebut berfungsi dengan baik. Anda juga perlu memeriksa kabel dan koneksi untuk kerusakan yang terlihat.

7 Aksesoris

Seringkali, untuk pekerjaan penuh, fungsi yang dilengkapi dengan komputer bekas tidak cukup. Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati dalam memilih perangkat periferal yang benar:

  • speaker – memberikan kualitas terbaik saat memutar file video dan audio
  • mouse – memungkinkan Anda untuk melakukan manipulasi yang diperlukan dengan akurasi dan kecepatan yang lebih besar
  • monitor tambahan
  • printer
  • modem seluler – untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel di mana saja

Kelebihan dan kekurangannya?

Keuntungan yang jelas dari komputer bekas meliputi:

  • Biaya terjangkau
  • Penampilan yang bagus
  • Pilihan model yang bagus
  • kemampuan untuk melengkapi dan mengganti beberapa elemen, meningkatkan fungsi
  • ketersediaan jaminan saat membeli di toko.

Seiring dengan ini, perangkat tersebut memiliki kelemahan:

  • Sedikit pilihan
  • Adanya cacat

Mengingat semua pro dan kontra dari model bekas, mengetahui cara memeriksa komputer bekas, asalkan pembelian dilakukan di outlet khusus, komputer seperti itu dapat bertahan cukup lama tanpa kerusakan dan perbaikan. Tentu saja, setiap orang memutuskan sendiri apakah layak membeli komputer bekas, tetapi dengan informasi terperinci, Anda selalu dapat memilih peralatan yang akan bertahan selama bertahun-tahun.

Artikel lainnya: