Menggunakan Mouse Wireless Tanpa USB Dongle
Sponsored by Google Service Apk

Cara Menggunakan Mouse Wireless Tanpa USB Dongle Receiver

Anda mendapatkan tambahan wireless ke komputer Anda, seperti keyboard atau mouse. Muncul dengan penerima nano dan di beberapa titik atau lainnya, Anda salah menaruhnya. Ini cukup umum, tetapi Anda biasanya menemukannya di pocket.

Namun, ada beberapa kasus ketika Anda tidak tahu di mana itu. Anda mencari di mana-mana dan Anda tidak dapat menemukannya. Sekilas, opsi yang tersedia tampak cukup jelas. Anda mungkin perlu membeli receiver yang sama persis.

Sekarang, apakah ada cara untuk menghubungkan mouse wireless tanpa receiver? Itu tergantung pada banyak faktor yang berbeda. Ada banyak produsen mouse di luar sana.

Anda harus menentukan apakah itu mouse Bluetooth, WiFi, atau RF. Ada kalanya mouse dapat bekerja dengan lebih banyak cara. Misalnya, mouse yang dirancang untuk terhubung melalui Bluetooth mungkin berfungsi tanpa receiver. Kemudian, jika Anda memiliki mouse Logitech dari jajaran Unifying, Anda bisa mendapatkan receiver lain dari kategori yang sama.

Jadi, apa yang harus Anda pikirkan sebelum membeli receiver baru?

Memahami masalah konektivitas di perangkat wireless

Terkadang, Anda mungkin dapat menghubungkan mouse wireless tanpa receiver , tetapi ada juga situasi ketika mouse tidak berfungsi. Anda mendapatkan unit yang berbeda dari merek yang sama. Mungkin juga model yang sama dan Anda masih bisa menghadapi masalah. Lalu di mana masalahnya?

Frekuensi adalah segalanya ketika hendak menghubungkan mouse nirkabel. Hanya karena dua perangkat beroperasi secara nirkabel, tidak selalu berarti keduanya kompatibel. Agar dua perangkat dapat berjalan bersama, mereka harus melakukannya pada frekuensi tertentu. Jika frekuensi berbeda, koneksi akan gagal.

“Hanya karena dua perangkat beroperasi secara nirkabel, itu tidak selalu berarti keduanya kompatibel.”

Sekarang, bayangkan lebih banyak orang dengan lebih banyak laptop dan mouse nirkabel dari merek yang sama. Bahkan jika mereka tampak identik, mereka akan bekerja dengan sempurna tanpa gangguan apa pun. Tidak akan ada gangguan sama sekali. Pada masalah ini, penting untuk dipahami bahwa konektivitas hebat seperti itu hanya akan dimungkinkan dengan protokol perangkat tersebut dan frekuensi spesifik yang digunakannya.

Cara kerja konektivitas ini cukup mudah untuk diketahui. Saat mereka membuat mouse atau perangkat serupa lainnya, produsen membuat hard code di dalam chip masing-masing. Sebagai konsekuensi langsung, Anda dapat mencolokkan perangkat tersebut dan perangkat tersebut akan langsung berfungsi. Anda tinggal memasang dan menggunakan. Bertahun-tahun yang lalu, perangkat yang tidak berpasangan harus dipasangkan dengan berbagai serial dan protokol. Ini memungkinkan hal yang tidak diinginkan sering terjadi.

Saat ini, perangkat ini sudah dipasangkan, jadi Anda tidak memerlukan pengalaman teknis apa pun untuk membuatnya berfungsi.

Di sisi lain, Anda harus mempertimbangkan mouse Bluetooth jika Anda khawatir kehilangan dongle. Mouse wireless tanpa dongle akan sulit digunakan, tetapi mouse Bluetooth akan lebih mudah dihubungkan ke laptop.

Sekarang, opsi apa yang Anda miliki untuk mouse wireless tanpa receiver dan bagaimana Anda dapat mengatasi masalah tersebut?

Cara menghubungkan mouse wireless Logitech tanpa receiver

Mouse logitech dan receiver, apakah Anda masih dapat menghubungkan mouse tanpanya?

Mouse nirkabel tanpa penerima USB dapat terhubung melalui Bluetooth tanpa terlalu banyak kerumitan. Itu tergantung pada mouse yang Anda punya. Pada saat yang sama, itu tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Ada beberapa langkah yang berbeda. Karena ada lebih banyak mouse Logitech dengan teknologi seperti itu, masing-masing mouse mungkin memiliki beberapa kekhususan, tetapi prinsip pengoperasiannya sama.

TRENDING:  Cara menghilangkan tulisan page 1 di Microsoft Excel Page Break Preview

Panduan untuk pengguna Windows

Jika Anda menjalankan Windows 8 atau yang lebih baru seperti Windows 10, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Ambil mouse dan gunakan tombol on-off. Banyak mouse Logitech memiliki tombol ini jika mereka mengizinkan konektivitas Bluetooth. Jika Anda tidak yakin di mana letaknya, cukup periksa petunjuk pemakaian.
  2. Tombol ini memungkinkan Anda untuk memilih saluran tertentu. Setelah ditekan, cari tombol hubungkan pada mouse dan tekan. Sekali lagi, lihat petunjuk pemakaian jika Anda kurang yakin.
  3. Mouse akan menunjukkan apakah siap dipasangkan atau tidak. Jika ya, lampu on-off akan berkedip sangat cepat. Pada hal ini, koneksi siap untuk dilanjutkan.
  4. Ada beberapa pengaturan yang perlu Anda lakukan pada device Anda juga, apakah Anda menggunakan laptop atau desktop yang mendukung Bluetooth.
  5. Untuk Windows 8 atau lebih tinggi, buka pengaturan dan temukan tab atau tombol untuk PC dan devices.
  6. Setelah berada di menu itu, Anda akan menemukan sejumlah besar perangkat yang terkait dengan perangkat tersebut. Temukan salah satu yang menunjukkan koneksi Bluetooth.
  7. Biarkan Bluetooth memindai perangkat terdekat. Mouse Anda akan muncul dalam daftar. Logitech biasanya menggunakan nama model mouse, tunggu sampai mereke terdeteksi. Setelah berada di daftar, klik dan pilih untuk memasangkannya.
  8. Memasangkan perangkat cukup sederhana dan melibatkan beberapa langkah intuitif berikut. Setelah pemasangan selesai, lampu akan berhenti berkedip. Sebaliknya, itu akan tetap stabil selama lima detik. Anda kemudian dapat menggunakan mouse Anda.

Panduan untuk pengguna Mac OS X

Operasi pemasangan sangat mudah jika Anda menjalankan Mac OS X juga. Beberapa langkahnya serupa dan prosedur pemasangannya relatif cepat.

  1. Temukan tombol on-off mudah pada mouse.
  2. Setelah Anda mendapatkan saluran, temukan tombol sambungkan dan set on. Jika Anda tidak yakin di mana tombol-tombol ini berada di mouse Anda, Anda selalu dapat memeriksa petunjuk pemakaian untuk lebih jelasnya.
  3. Perhatikan mouse dan lampu LED. Anda akan tahu bahwa mouse siap dipasangkan setelah lampu mulai berkedip.
  4. Kembali ke perangkat Anda, buka preferensi sistem. Temukan pengaturan yang terkait dengan koneksi Bluetooth dan lanjutkan.
  5. Buka daftar perangkat saat unit memindai dan temukan nama mouse. Biasanya nama model dikaitkan dengan mouse. Klik dan pilih untuk memasangkannya.
  6. Petunjuk di layar cukup jelas. Ikuti mereka dan mouse Anda akan dipasangkan dalam satu menit. Mouse Anda sekarang akan siap digunakan segera setelah lampu berhenti berkedip. Sebaliknya, itu akan tetap stabil selama lima detik.

Sekarang Anda tahu cara memasangkan mouse wireless Bluetooth Anda tanpa receiver .

Tetapi apa yang terjadi jika mouse yang Anda gunakan tidak terhubung melalui Bluetooth?  Bisakah Anda tetap memasangkannya atau haruskah Anda membeli mouse lain saja?

Bagaimana menghubungkan mouse wireless ke receiver yang berbeda (Unifying)

Banyak mouse dan receiver yang dirancang oleh Logitech mengandalkan seri Unifying. Pada dasarnya, seri ini memastikan konektivitas yang lancar tanpa cacat sama sekali. Bahkan jika Anda berakhir dengan mouse wireless tanpa penerima. Anda masih dapat membeli dongle yang berbeda dan mengaturnya dengan tepat. Namun sebelum sampai ke sana, penting untuk mengetahui cara memasangkan mouse Anda ke receiver.

  • Sama seperti kebanyakan mouse dengan teknologi wireless yang berasal dari Logitech, Anda perlu mengidentifikasi tombol on-off yang mudah dan memilih saluran. Biasanya terletak di bagian bawah. Ini mungkin sedikit berbeda jika Anda tidak yakin, periksa  buku panduan.
  • Setelah Anda memilih saluran, tekan tombol sambungkan. Itu juga terletak di sisi bawah mouse.
  • Anda akan tahu bahwa mouse Anda siap dipasangkan segera setelah lampu LED saluran mulai berkedip. Anda kemudian dapat meletakkan mouse dan melanjutkan ke komputer atau laptop Anda.
  • Ambil penerima Unifying dan hubungkan ke port USB. Tidak ada bedanya port apa yang Anda pilih.
  • Setelah pemasangan selesai, lampu LED di bagian bawah mouse akan berhenti berkedip. Sebaliknya, itu akan stabil selama lima detik. Anda kemudian dapat menggunakan mouse. Ada juga situasi ketika kedipan terjadi pada kecepatan yang lebih lambat. Kecepatan ini menunjukkan bahwa mouse tidak dapat menyelesaikan koneksi.
  • Konektivitas akan sempurna dan tidak terputus. Ada beberapa cara untuk menghentikannya. Anda dapat terhubung ke desktop atau laptop yang sama pada saluran yang sama sekali berbeda, tetapi Anda juga dapat menggunakan saluran yang sama persis untuk menghubungkan perangkat baru.
TRENDING:  Begini Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Suka Muncul

Langkah-langkah yang disebutkan di atas akan membantu jika Anda baru saja membeli mouse dengan receiver atau Anda telah menemukan receivernya. Tapi apa yang terjadi dengan mouse nirkabel tanpa USB Dongle? Apakah ada cara untuk membuat koneksi? Kabar baiknya adalah ada. Anda tidak perlu membeli mouse terpisah, tetapi hanya receiver baru dari seri Unifying yang sama.

Cara Menggunakan Mouse Wireless Tanpa USB Dongle

Sebelumnya, Anda harus mendownload software Unifying terlebih dahulu. Anda dapat menemukannya secara gratis di situs resminya Logitech. Cukup download dan instal di komputer atau laptop Anda dan ikuti langkah berikut ini:

  • Ambil mouse Anda dan tekan tombol on-off. Pastikan Anda mengidentifikasinya dengan benar. Jika Anda tidak 100% yakin tentang hal itu, periksalah buku panduan dan instruksi.
  • Tekan tombol hubungkan atau set ke on, biasanya terletak di sisi mouse yang sama. Anda akan mengetahui bahwa mouse Anda siap dipasangkan jika lampu LED dengan nomor saluran yang dipilih akan mulai berkedip. Pada titik ini, mouse Anda bersedia untuk membuat koneksi.
  • Sekarang, beralih ke komputer atau laptop Anda. Buka box receiver Unifying yang baru Anda beli dan colokkan ke port USB mana saja.
  • Petunjuk di layar sangat intuitif dan mudah. Jika Anda telah memasangkan perangkat tersebut sebelumnya, prosesnya akan memakan waktu kurang dari satu menit dan tidak diperlukan pengalaman teknis yang berarti.
  • Setelah pemasangan selesai, Anda akan melihat lampu dengan nomor saluran tidak lagi berkedip. Sebaliknya, itu akan tetap stabil selama lima detik. Sekarang Anda akan segera bisa menggunakan mouse Anda.
  • Kecuali Anda mengubah saluran atau Anda menghubungkan perangkat yang berbeda pada saluran masing-masing, koneksi antara mouse dan komputer Anda tidak akan diatur ulang dengan sendirinya

Bagaimana cara menghubungkan mouse wireless merk HP tanpa receiver (dan bagaimana dengan merek lain? )

Untuk membuatnya tetap sederhana, Anda tidak akan dapat membeli receiver atau dongle yang berbeda dan menghubungkan mouse Anda jika Anda kehilangan mouse yang disertakan dalam satu paket. Bahkan jika Anda membeli model yang sama persis, konektivitas tidak akan berjalan karena frekuensi yang berbeda.

Dalam hal ini, jelas bahwa Anda tidak dapat menghubungkan mouse wireless tanpa receiver . Sejauh ini, Logitech tampaknya menjadi yang terdepan dalam mengatasi masalah tersebut. Jadi, opsi apa yang Anda terbaik?

  1. Beli maouse baru! Mouse baru akan delengkapi dengan receiver atau dongle baru. Anda dapat dengan mudah membuat koneksi baru.
  2. Hubungkan melalui Bluetooth. Banyak mouse memungkinkan konektivitas Bluetooth juga. Anda harus membuat koneksi sendiri dan memasangkan perangkat, tetapi prosesnya cepat dan intuitif.
TRENDING:  Spreadsheet: Cara Menghilangkan Spasi di Microsoft Excel

Cara menghubungkan mouse wireless ke laptop

Menghubungkan mouse nirkabel ke laptop tergantung pada jenis konektivitas yang disertakan. Jika memiliki receiver, Anda perlu memasangkan perangkat satu kali. Beberapa mouse juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, sehingga Anda dapat menyambungkan ke reciver dengan mudah.

Menambahkan perangkat cukup sederhana, terutama jika Anda memiliki mouse modern dengan lebih banyak port. Misalnya, jika mouse Anda memiliki tiga port, ia dapat terhubung ke tiga perangkat yang berbeda. Anda dapat menambahkan perangkat yang berbeda di setiap port baik melalui Bluetooth atau koneksi wireless, tergantung pada mouse.

Pada mouse modern Logitech, Anda dapat menekan tombol on-off dengan mudah untuk menukar saluran dan memilih saluran yang tepat untuk perangkat yang Anda gunakan. Anda kemudian dapat beralih di antara satu perangkat atau perangkat lain dengan mengubah saluran. Jika lampu pada mouse stabil, koneksi telah dibuat. Jika berkedip cepat, mouse sedang menunggu koneksi. Jika berkedip lambat, itu tidak dapat menyelesaikan koneksi.

Dalam hal pertimbangan, perlu dicatat bahwa mouse wireless sangat berbeda dari mouse kabel. Meskipun Anda memiliki kebebasan, Anda harus tetap relatif. Secara umum, koneksi Bluetooth hanya dapat berjalan sejauh 33 kaki. Mengeluarkan mouse dari kisaran ini akan membutuhkan pemasangan lagi setelah Anda kembali mendekat. Memasangkan kembali mouse biasanya otomatis dan tidak memerlukan kerja ekstra.

Terkadang koneksi Anda mungkin ada, tetapi tidak memiliki kualitas terbaik. Lihat bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah itu:

Mouse nirkabel membutuhkan baterai. Anda mungkin memiliki kabel pengisi daya untuk baterai yang tidak dapat diganti atau Anda mungkin perlu mengganti baterai sesekali. Baterai seumur hidup cukup langka pada mouse, jadi Anda tidak perlu terlalu banyak baterai cadangan. Kebanyakan mouse modern dapat dengan mudah bertahan lebih dari satu tahun dengan baterai yang sama.

Sekarang, mouse yang berbeda dapat mendukung berbagai jenis perangkat, sehingga kompatibilitas dapat menjadi masalah. Terkadang, mungkin terlihat seperti mouse yang rusak. Pastikan saja mouse tersebut kompatibel. Beberapa mouse hanya dapat menggunakan satu perangkat pada satu waktu, sementara yang lain dapat memasangkan dengan dua atau tiga komputer lain.

Untuk mencegah kehilangan dongle atau penerima, mungkin ide yang baik untuk mendapatkan model profil rendah. Itu harus cukup kecil untuk dibiarkan secara permanen ke dalam slot USB tanpa menimbulkan masalah sama sekali. Unit yang lebih besar dapat jatuh dan merusak slot USB, tetapi mereka juga akan tumbuh kaki di beberapa titik atau lainnya.

Terakhir, Anda harus tahu bahwa beberapa komputer memuat driver Bluetooth selama urutan startup. Mereka fokus pada driver tertentu sekalipun. Komputer biasanya menggunakan driver USB sebelum driver wireless. Jadi Anda mungkin beruntung memecahkan masalah komputer dengan mouse berkabel, daripada yang wireless jika masalah umum komputer Anda tidak memulai dengan benar.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan akhir yang singkat, kemungkinan untuk menghubungkan mouse wireless tanpa receiver tidak selalu membawa hasil yang positif. Mousse biasanya terhubung ke receiver yang mereka bawa. Kehilangan penerima dan mouse mungkin menjadi tidak berguna. Kecuali Anda memiliki konektivitas cadangan, seperti Bluetooth. Mengganti receiver bahkan dengan receiver yang dibuat oleh perusahaan yang sama tidak akan selalu berhasil.

Kabar baiknya adalah ada beberapa opsi di luar sana yang dapat bekerja dengan banyak receiver. Namun, sebagai aturan umum, mereka harus berasal dari pabrikan yang sama. Tidak semua merek menyediakan mouse seperti itu, jadi Anda mungkin tidak beruntung . Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin perlu membeli mouse yang berbeda.

Artikel lainnya: