Speaker Bluetooth tanpa baterai
Sponsored by Google Service Apk

5 Cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai

Speaker bluetooth Anda sering mengalami masalah pada batu baterai? Sekian banyak dari peralatan elektronik jika sudah sering sekali dipakai akan mengalami memborosan baterai. Oleh karena itu, Anda sangat perlu mengetahui cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai. Yaitu dengan cara alternatif menggunakan listrik yang ada dirumah. Untuk menjawab pertanyaan diatas, simak caranya berikut:

Persiapan peralatan

Carilah beberapa peralatan yang akan dibutuhkan sebelum melakukan cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai. Diantara beberapa peralatan tersebut meliputi obeng, penjepit kecil, lem bakar, pemanas mini, solasi, dan solder. Jika Anda sudah mengumpulkannya, cek terlebih dahulu peralatan tersebut sebelum dipakai. Karena bisa jadi saat menggunakannya ada beberapa masalah kecil yang akan muncul.

Selain dari itu, langkah-langkah pemeriksaan dimaksudkan agar memastikan kembali jika ada alat-alat yang belum tersedia atau mengalami cacat pada produk. Proses mempersiapkan peralatan memang terkesan mudah-mudah gampang, tetapi Anda harus memperhatikannya dengan cermat dan teliti, agar tidak terjadi kesalahan kedepannya. Bila semua peralatan tersebut dirasa sudah sesuai dengan yang kebutuhan, Anda bisa langsung menggunakannya untuk proses selanjutnya.

Memilih bahan yang akan dipakai

Yang pertama dan utama adalah siapkanlah speaker bluetooth, kemudan kepala charger bertegangan 5 volt, serta kabel sambungan USB dengan port yang sesuai dengan speaker yang akan dipakai sebagai bahan utamanya. Tetapi, untuk speaker bluetooth yang digunakan, Anda juga bisa memakai yang sudah rusak. Jangan gunakan speaker yang masih bisa menggunakan baterai. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko. Perlu Anda diperhatikan juga pada tegangan dari kepala charger atau kabelnya, pilihlah yang sesuai

Bahan-bahan yang dipakai sebenarnya dapat dipilih dan disesuaikan dengan budget Anda. Tidak harus memakai barang-barang yang berkualitas dan mahal. Tujuannya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk menghemat biaya maupun mengurangi resiko jika terjadinya kegagalan dalam prosesnya. Bila menggunakan bahan-bahan mahal pun sebenarnya juga belum tentu memberikan hasil yang memuaskan.

Mulailah membongkar Speaker Bluetooth

Bukalah dengan perlahan dan hati-hari pada setiap bagian dari speaker bluetooth tersebut dengan menggunakan obeng yang sudah dipersiapkan. Caranya adalah dengan merenggangkan baut yang ada di bagian masing-masing komponen speaker. Baik digaian bawah maupun atas dari benda tersebut. Tetapi terkadang ada juga kasus di mana baut sudah berkarat, sehingga saat akan melepaskannya perlu kehati-hatian, agar tidak terjadi kerusakan pada bagian bautnya.

Namun jika terlalu susah karena baut yang sudah berkarat sampai melekat ke bahan, bisa diakali dengan cara meneteskan pelumas ke bagian baut tersebut. Lalu saat merenggangkannya juga harus perlahan sambil digoyangkan sedikit ke arah kanan ke kiri agar karatnya mulai melunak. Jika baut sudah diambil semua, Anda bisa lakukan pembongkaran tiap part yang ada.

Lakukan perubahan pada masing-masing bagian Speaker Bluetooth

Anda perlu memisahkan setiap bagian dari Speaker Bluetooth yang saat ini Anda kerjakan. Dimulai dari bagian kabel, PCB, hingga bagian kerangka luar dari speaker. Selanjutnya untuk melakukan perubahan pada speaker tersebut yang rusak di bagian baterainya, Anda bisa mengamati bagian PCB. Karena bagian PCB lah yang merupakan rangkaian elektronik yang paling penting. Berikut ini cara yang bisa Anda dilakukan:

  • Carilah jalur ke arah baterai serta charger, kemudian ambillah konektornya, dan ambil kabel yang ada menggunakan soldier, jika tipenya merupakan kabel. Tetapi jika tipe konektor, Anda bisa¬† menggunakan lem bakar, pemanas mini, serta penjepit kecil.
  • Perhatikan juga pada bagian plus atau minus dari PCB pada jalur tersebut
  • Gantilah bagian dari jalur charger baterai tersebut dengan kabel USB yang hanya menyisakan serabut tembaga pada ujungnya
  • Sambungkanlah kabel USB dengan melakukan soldier pada ujungnya dan sesuaikan dengan bagian plus atau minusnya
  • Jangan lupa, kabel yang terkelupas dapat ditutupi menggunakan solasi yang sudah Anda disediakan sebelumnya.

Pasang kembali komponen

Setelah proses diatas selesai, mulailah merangkai kembali semua bagian yang tadinya terbongkar seperti PCB, kerangka luar serta kabel-kebel. Namun pada saat menyatukannya, jangan sampai tergesa-gesa, agar hasilnya tidak sampai merusak komponen. Karena memang tujuannya adalah memperbaiki. Jika sudah selesai, Anda bisa mengecek kembali agar hasilnya rapi serta tidak ada meninggalkan bekas apapun.

Agar mengetahui apakah cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai sudah baik dan benar serta hasilnya memuaskan. Anda bisa langsung mencobanya dengan menyambungkan ke laptop atau stop kontak dengan bantuan dari kepala charger yang sudah di sediakan.

Itulah bagaimana langkah atau cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai melainkan menggunakan listrik yang bisa digunakan. Cara tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai solusi sebagai baterai pada speaker yang telah mengalami masalah. Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk mencobanya?

Artikel lainnya: