Coinbase
Sponsored by Google Service Apk

Coinbase untuk Pemula: Panduan Lengkap untuk Membeli dan Menjual Cryptocurrency

Jika Anda ingin memulai perdagangan cryptocurrency, Anda mungkin menemukan Coinbase.

Salah satu pertukaran cryptocurrency terbesar di AS, Coinbase adalah tempat untuk membeli, menjual, dan menahan mata uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum.

Sekarang cryptocurrency menjadi lebih umum, ada beberapa cara untuk membeli dan menjual koin Anda sendiri, apakah itu melalui Venmo , Aplikasi Tunai atau aplikasi perdagangan seperti Robinhood . Tetapi Coinbase adalah opsi yang populer, menggembar-gemborkan 73 juta pengguna terverifikasi. Perusahaan melakukan debut publiknya pada bulan April 2021 , yang dilihat banyak orang sebagai mosi percaya untuk mata uang digital secara keseluruhan.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang perdagangan cryptocurrency di Coinbase.

Apa itu Coinbase?

Coinbase adalah platform perdagangan yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menyimpan lebih dari 30 mata uang digital yang berbeda. Coinbase lebih ditujukan untuk pemula sementara Coinbase Pro, layanan premium, adalah untuk pedagang yang rajin dan berpengalaman yang melakukan transaksi volume tinggi dan menginginkan lebih banyak opsi perdagangan.

Berinvestasi pada aplikasi seperti Robinhood telah berkembang pesat baru-baru ini. Cryptocurrency tidak terkecuali, dan Coinbase menuai manfaatnya. Perkiraan pendapatan perusahaan mencapai $ 1,31 miliar pada kuartal ketiga tahun 2021. Coinbase sekarang tersedia di lebih dari 100 negara.

Platformnya cukup sederhana. Seperti banyak aplikasi perdagangan, pengguna dapat melihat saldo dan daftar pantauan mereka, yang memungkinkan mereka melacak harga berbagai jenis mata uang kripto. Pedagang juga dapat memeriksa cryptocurrency mana yang merupakan penggerak terbesar. Perusahaan juga memperkenalkan Coinbase Card , kartu debit Visa yang dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan hadiah karena membelanjakan aset dalam portofolio mereka.

Pada bulan September, Coinbase mengumumkan opsi setoran langsung baru yang memungkinkan pengguna untuk menyetorkan gaji mereka langsung ke Coinbase dan pembayaran mereka secara otomatis disetorkan sebagai Bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Apakah Coinbase Gratis?

Coinbase membebankan biaya untuk perdagangan melalui platform (tidak seperti aplikasi seperti Robinhood, yang memuji “perdagangan gratis” ).

Biaya berbeda untuk perdagangan di Coinbase dan Coinbase Pro, dan untuk Coinbase bisa lebih tinggi dan lebih rumit. Coinbase membebankan apa yang disebut spread sekitar 0,50% saat Anda membeli atau menjual cryptocurrency, serta Biaya Coinbase, yang merupakan biaya tetap atau ditentukan oleh faktor-faktor seperti di mana Anda berada dan jenis pembayaran apa yang Anda gunakan.

Biaya tetap itu tergantung pada jumlah transaksi dan ditetapkan oleh Coinbase di halaman biayanya . Berikut ini contohnya: jika pelanggan ingin membeli $100 bitcoin dengan rekening bank atau dompet digital AS, biaya tetapnya adalah $2,99 dan biaya variabelnya adalah $1,49, jadi pelanggan akan membayar biaya $2,99 untuk transaksi tersebut. Tetapi jika pelanggan ingin membayar dengan kartu debit, biaya variabel akan melonjak menjadi $3,99, jadi itulah yang akan mereka bayar (selain spread).

Untuk transaksi yang lebih besar, Coinbase Pro memiliki sistem biaya berjenjang yang lebih sederhana dengan biaya antara 0% dan 0,50% per perdagangan dan biaya yang lebih rendah untuk transaksi dolar yang lebih besar. Misalnya, transaksi kurang dari $10.000 dikenakan biaya 0,50%, sedangkan transaksi antara $10.000 dan $50.000 dikenakan biaya 0,35%.

Coinbase tidak membebankan biaya kepada pengguna untuk menyimpan aset mereka di dompet digital atau untuk mentransfer cryptocurrency dari satu dompet ke dompet lainnya dalam jaringan Coinbase, seperti dari Coinbase ke Coinbase Pro. Tetapi biaya Coinbase pasti dapat mengurangi kemenangan Anda, terutama jika Anda tidak menggunakan Coinbase Pro.

Cara membuka akun Coinbase

Membuka akun Coinbase cukup mudah. Anda akan memerlukan ID foto yang dikeluarkan pemerintah, serta informasi seperti nomor telepon Anda dan empat digit terakhir nomor Jaminan Sosial Anda. Juga bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang akan Anda gunakan untuk platform ini. Saat memilih kata sandi, gunakan kebersihan dunia maya yang tepat — seperti kata sandi unik yang belum pernah Anda lihat di tempat lain dan autentikasi multi-faktor — untuk menghindari peretas menguasai akun Anda.

Sebelum Anda mulai berdagang, Anda harus melampirkan metode pembayaran ke akun Coinbase Anda. Di AS, Anda dapat menggunakan rekening bank, kartu debit, transfer kawat, atau akun PayPal (saat ini Anda tidak dapat menjual mata uang digital menggunakan akun PayPal, tetapi Anda dapat melakukan penarikan).

Setelah dompet digital Anda siap, Anda siap untuk berdagang. Coinbase tidak menawarkan perdagangan untuk semua mata uang kripto, tetapi pertukaran secara teratur menambahkan koin baru.

Apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi dalam cryptocurrency?

Cryptocurrency telah menjadi berita utama setelah angka baru-baru ini mencapai rekor harga tertinggi.

Pada bulan November, Bitcoin mencapai rekor tertinggi di atas $68.000, lebih dari dua kali lipat dari harga pada bulan Juli. Sementara itu, Ethereum — cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar setelah Bitcoin — juga mencapai level tertinggi baru pada bulan November di sekitar $4.800. Altcoin, cryptocurrency yang bukan Bitcoin, juga menarik perhatian.

Dogecoin melonjak 8.000% dalam beberapa bulan pertama tahun 2021 dan sekarang berada di sekitar $0,27 (dibandingkan dengan $0,01 pada awal tahun). Koin meme lainnya, koin Shiba Inu , baru-baru ini meroket, memperoleh 700% di bulan Oktober saja.

Tentu saja, sebagai investor semua ini harus memberi Anda jeda. Tujuan Anda harus selalu membeli rendah dan menjual tinggi. Dan sementara tidak ada yang tahu ke mana arah harga cryptocurrency selanjutnya, rekor harga baru-baru ini membuat investor yang membeli hari ini lebih sulit untuk menuai keuntungan di masa depan.

Cara membeli dan menjual cryptocurrency dengan Coinbase

Saatnya untuk memilih cryptocurrency Anda.

Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash — empat jenis cryptocurrency yang tersedia untuk dibeli dan dijual oleh pelanggan PayPal — termasuk yang paling aman, Hanna Halaburda, seorang profesor di NYU Stern School of Business, sebelumnya mengatakan kepada Money . Karena mereka adalah salah satu cryptocurrency paling populer dan mahal, ada lebih banyak kekuatan komputasi yang dimasukkan untuk mempertahankan blockchain mereka, teknologi di balik cryptocurrency, membuatnya lebih mahal untuk diserang oleh peretas. Mereka juga telah ada selama bertahun-tahun, jadi jika ada bug, kita mungkin akan mengetahuinya, tambahnya.

Bagi sebagian besar investor, membeli bitcoin yang memiliki harga setinggi hampir $67.000 per koin kemungkinan bukanlah pilihan. Ethereum berharga lebih dari $4,000 per koin dan bahkan Litecoin, dengan harga lebih dari $200, mungkin lebih dari yang ingin Anda belanjakan. Tetapi Coinbase memungkinkan pengguna untuk membeli sebagian kecil koin. Sudah umum untuk aplikasi investasi seperti Robinhood untuk memungkinkan pedagang membeli saham pecahan — seperti berinvestasi $25 di Amazon daripada lebih dari $3.000 yang Anda perlukan untuk membeli saham penuh. Dengan Coinbase, pedagang dapat membeli atau menjual mata uang digital senilai $2.

Namun bukan berarti tidak ada kekhawatiran secara umum. Cryptocurrency telah terbukti fluktuatif — lihat saja lonjakan harga Dogecoin baru-baru ini, atau bagaimana Bitcoin mencapai rekor tertinggi pada Desember 2017 sebelum terjun 50% pada bulan berikutnya.

Mata uang digital juga tidak diatur dengan cara yang sama seperti aset lainnya. Sebelum sebuah perusahaan menjual sahamnya ke publik, perlu melalui pengawasan ketat oleh Securities and Exchange Commission. Sebelum penasihat investasi dapat merekomendasikan saham itu, mereka harus yakin bahwa itu adalah kepentingan terbaik investor. Ada banyak perlindungan bagi investor yang tidak Anda miliki dengan kripto, kata James Angel, seorang profesor keuangan di Universitas Georgetown.

Plus, cryptocurrency sebenarnya tidak memiliki nilai intrinsik, sehingga aset spekulatif sepenuhnya sesuai dengan nilai yang diatribusikan pasar padanya. Semua ini untuk mengatakan, hanya berinvestasi sebanyak Anda bersedia kehilangan.

“Setiap orang yang masuk pada dasarnya harus menyadari bahwa mereka sedang memainkan permainan kursi musik keuangan,” kata Angel.

Apakah aman untuk membeli dan menjual cryptocurrency dengan Coinbase?
Untuk membeli dan menjual mata uang kripto, Anda memerlukan dompet digital tempat Anda menyimpan mata uang di antara transaksi. Tidak seperti dompet biasa, dompet digital memiliki kekhawatiran tambahan: apakah dompet aman dari peretas?

Ada beberapa opsi, masing-masing dengan langkah keamanannya sendiri.

Jika Anda tidak ingin khawatir tentang menjaga cryptocurrency terpisah dari aplikasi Coinbase, Anda dapat menggunakan apa yang disebut dompet yang dihosting. Dompet ini disimpan untuk Anda oleh pihak ketiga — dalam hal ini, Coinbase — yang berarti Anda tidak perlu khawatir lupa kata sandi bukan berarti kehilangan semua mata uang kripto Anda. (Itu masalah nyata: beberapa investor crypto telah kehilangan jutaan dolar karena mereka tidak dapat mengingat bagaimana cara masuk ke dompet mereka.)

Cryptocurrency tidak diasuransikan oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) atau Securities Investor Protection Corporation, seperti rekening bank atau portofolio investasi Anda. Tetapi Coinbase mengatakan bahwa itu menjamin semua mata uang digital terhadap pencurian dari pelanggaran keamanan atau peretasan, pencurian karyawan atau transfer penipuan, tetapi bukan akses tidak sah ke akun Anda. Perusahaan juga mengatakan bahwa 98% atau lebih mata uang digital pelanggannya tetap offline. Saldo dolar hingga $250.000 diasuransikan oleh FDIC untuk Coinbase dan Coinbase Pro.

Jika Anda ingin kontrol penuh atas cryptocurrency Anda tanpa keterlibatan pihak ketiga, Anda dapat memilih apa yang disebut dompet non-penahanan. Meskipun Anda tidak perlu khawatir tentang pihak ketiga yang diretas, Anda harus mengingat kata sandi Anda sendiri, atau berisiko kehilangan cryptocurrency Anda. Tetapi memiliki lebih banyak kontrol berarti Anda dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang lebih maju, seperti pertanian hasil , yang memungkinkan pemilik cryptocurrency untuk meminjamkan aset mereka untuk menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi. Pelanggan Coinbase dapat memilih untuk mengunduh Dompet Coinbase, terpisah dari aplikasi, yang merupakan dompet non-penahanan.

Artikel lainnya: