Empat kunci untuk melindungi data komputer pribadi dari hacker
Sponsored by Google Service Apk

Empat kunci untuk melindungi data komputer pribadi dari hacker

Hal ini menjadi lebih dan lebih penting untuk menjaga keamanan komputer Anda dari hacker. Data pribadi, keamanan bank , dan dokumentasi yang relevan dapat dikompromikan oleh penjahat dunia maya yang memanfaatkan kegagalan atau kesalahan apa pun dalam jaringan untuk menangkap basis data dan keuntungan yang relevan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Colombian Chamber of Informatics and Telecommunications (CCIT), dalam lima bulan pertama tahun 2021, 20.502 laporan berita kriminal terkait kejahatan dunia maya. Ini menyiratkan peningkatan 36% dalam kejahatan ini jika dibandingkan dengan 5.107 kasus yang dilaporkan selama periode yang sama tahun 2020.

Ada tiga jenis pencurian dunia maya yang umum digunakan oleh peretas untuk mencuri kata sandi, dokumen, informasi bank yang relevan. Secara umum, para penjahat ini mengambil semua uang dari kartu Anda atau meminta semacam ‘tebusan’ sebagai imbalan atas informasi yang diambil, Seperti dilansir ‘BBC’.

1. Bentuk Pencurian Data

Phishing

Ini terdiri dari mengirim beberapa email atau pesan yang menawan kepada penerima. Biasanya ini adalah hadiah dan keuntungan fiktif pada merek x dan y.
Dengan ini, korban yang telah jatuh ke dalam perangkap harus memasukkan data pribadi mereka untuk mengklaim hadiah yang dituduhkan.

Keylogger

Ini adalah program jahat yang menyematkan dirinya di komputer korban dengan membuka email yang belum diverifikasi atau pesan yang mencurigakan. Metode ini memungkinkan peretas membaca penekanan tombol untuk mencuri kata sandi dan pengguna.

Pencurian cookie

Penjahat dunia maya memanfaatkan informasi dan data pengguna menggunakan kode berbahaya untuk mengarahkan orang ke halaman berbahaya melalui browser.

TRENDING:  iPhone SE (2022): Akankah Apple mempertahankan desain 2017?

Untuk menghindari beberapa serangan ini, penting bagi Anda untuk mengikuti beberapa rekomendasi dasar. Kunci ini akan digunakan untuk melindungi komputer atau perangkat Anda dari serangan komputer yang dapat membahayakan informasi Anda.

2. Penanganan kata sandi yang tepat

Disarankan agar Anda mengubah kata sandi Anda dari waktu ke waktu. Ini adalah mekanisme yang digunakan beberapa sistem keamanan perusahaan untuk melindungi informasi karyawan mereka dan informasi pelanggan mereka.

Anda harus berhati-hati untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk dua atau lebih layanan digital, serta menghindari penggunaan tanggal atau aspek kehidupan Anda yang mudah dilacak.

3. Antivirus tidak selalu efisien

Anda harus ingat bahwa tidak ada salahnya untuk memiliki metode keamanan lain. Antivirus mudah ditembus . Mereka adalah penghalang pertama melawan penyusup eksternal, tetapi bukan satu-satunya atau yang paling dibentengi.

Beberapa media khusus telah menentukan bahwa antivirus dapat disusupi melalui jendela pop-up akses.

Memiliki sistem, meskipun membantu, tidak dapat disamakan dengan keyakinan dan relaksasi mutlak saat menjelajahi situs web yang tidak sepenuhnya dapat dipercaya.

4. Tidak semua serangan bersifat eksternal

Jika Anda memiliki perusahaan yang bekerja dengan database besar, Anda harus memperhitungkan bahwa proses seleksi karyawan Anda harus melalui analisis yang ketat untuk menghindari kebocoran informasi dari dalam fasilitas Anda.

Demikian pula, pengguna harus mencegah pihak ketiga memanipulasi perangkat mereka berulang kali.

Transaksi aman

Cobalah melakukan pembayaran digital melalui halaman aman atau menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) yang memungkinkan Anda menjelajahi komputer dengan cara terenkripsi.

Anda harus ingat bahwa ada beberapa ‘aplikasi’ atau program yang menawarkan layanan ini, namun, Anda harus menginformasikan diri Anda dengan baik sebelum menggunakan jaringan pribadi. Ada kemungkinan bahwa itu adalah program fiktif , dan dalam hal ini, obatnya akan lebih buruk daripada penyakitnya.

TRENDING:  5 Aplikasi Alternatif Untuk Membuat Formulir Kuesioner Selain Google Form

Untuk beberapa nama, Anda dapat menggunakan layanan seperti CyberGhost , ‘NordVPN’ dan ‘Surf Shark’ sebagai metode perlindungan terhadap peretasan.

Artikel lainnya: